Tips Sebelum Melakukan Perjalanan Jauh dengan Sepeda Motor

Selamat Malam Mowelers,
Kali ini Mowels mau berbagi tips sebelum melakukan perjalan jauh dengan sepeda motor. Kesehatan Pengendara dan Kendaraan itu sendiri sangat penting untuk dipahami sebelum melakukan perjalanan jauh, hal ini tidak boleh dipandang sebelah mata karena akan membahayakan diri sendiri dan orang lain. Mowels memberi beberapa tips dibawah ini yang semoga bermanfaat untuk kalian.


    Tips untuk Pengendara
1. Sebelum melakukan perjalanan jauh, hendaknya pengendara tau keadaaan kesehatan dirinya. Pastikan cukup istirahat dan tidak dalam keadaan lelah ya guys, karena akan sangat berbahaya kalau berkendara dalam keadaan lelah ataupun tidak fit.
2. Hindari meminum obat yang menyebabkan kantuk, karena mengantuk adalah salah satu faktor yang mengakibatkan kecelakaan.
3. Bawa perlengkapan yang diperlukan dalam perjalanan seperti: air mineral untuk menghindari dehidrasi dalam perjalanan, handuk atau kain untuk mengelap keringat, masker untuk melindungi wajah dari debu dijalan, sarung tangan mencegak slip saat memegang kemudi.
4. Kenakan pakaian yang mampu menahan terpaan angin guys, kenakan jaket dan celana panjang serta sepatu agar tubuh aman terlindungi.


   Tips untuk Kendaraan
1. Sebelum melakukan perjalanan, hendaknya perlu untuk mengetahui keadaan kendaraan. Ingat kapan terakhir kali motor di-service, apabila sudah dalam waktu yang cukup lama (3 bulan lebih) alangkah baiknya untuk membawa motor ketempat service motor untuk melakukan pengecekan dan perbaikan.
2. Apabila dirasa motor sudah di-service, sekarang cek kaki - kaki motor, lihat tingkat keausan ban dan tekanan angin ya guys, Ban gundul dan kempes akan membahayakan pengendara karena berkurangnya tingkat kontrol pada sepeda motor.
3. Bawa perlengkapan service seperti obeng, kunci, skrup dan mur, kunci busi dan lain - lain. Sedia payung sebelum hujan, atau untuk berjaga - jaga, bawa alat tersebut dan taruhlah dibawah jok motormu.
4. Bawa surat - surat kendaraan dan perlengkapan keamanan berkendara. SIM, STNK, Helm, Spion kanan kiri, Lampu depan belakang menyala, plat nomor ada dan jangan telat bayar pajak ya guys.

Diatas beberapa tips berkendara yang dapat membantu persiapan kalian sebelum berkendara yang semoga bermanfaat bagi kalian.
sampai ketemu diartikel selanjutnya ya guys
Salam Mowels




Penulis : Adi B

Komentar