Modifikasi Ringan untuk Meningkatkan Performa Motor

Hai, mowellers
Mimin tuh paling suka sama yang namanya kendaraan, oleh karena itu kali ini, mimin mau berbagi tips memodifikasi motor yang dapat meningkatkan performa motor kalian. Yups, sesuai judul ya, modifikasi ringan untuk meningkatkan performa motor. Tentu saja saat ini banyak orang yang lebih suka menggunakan motor, disamping lincah dan irit, motor juga memiliki jenis, fitur dan bentuk yang berbeda-beda. Bagi sebagian besar orang, motor cuman kendaraan saja, akan tetapi bagi orang yang hobi dengan motor, motor itu segalanya.
Motor dari pabrik adalah motor paling aman untuk diguanakan karena sudah diuji dan berdasarkan spesifikasi pemerintah. Namun banyak orang tak puas dengan kendaraannya tersebut dan ingin memodifikasi agar terlihat berbeda atau agar semakin enak dikendarai.

Tips memodifikasi ringan yang pertama adalah Ganti Busi
      Busi adalah perangkat pemantik api di dalam mesin, alat ini sangat berperan penting dalam proses pembakaran di dalam mesin motor. Busi motor bawaan pabrik cenderung dikhususkan untuk penggunaan harian dan hemat bahan bakar. Nah, di bengkel atau di toko aksesori motor terdapat berbagai merek busi yang bertipe IRIDIUM yang kualitas-nya di atas kualitas busi standar. Busi IRIDIUM ini mampu meningkatkan performa motor karena pembakarannya akan lebih besar dan lebih optimal. Harga untuk busi iridium ini bervariasi, untuk motor sport merk NGK dijual mulai 99ribu.

Tips yang kedua mengganti rasio Final Gear
       Final Gear? final gear adalah rangkaian gir yang terdiri dari gir depan dan gir belakang. Setiap kendaraan motor memiliki ukuran yang berbeda tergantung jenis dan merek nya. motor bebek memiliki jumlah mata gear yang cenderung lebih kecil dibanding dengan motor sport, karena spesifikasi motor bebek dan sport berbeda. Rasio perbandingan gear ini sangat berpengaruh dengan performa motor, berikut tabel rasio gear motor
Gambar dari motorblitz.com

Nah dari data di atas akan terlihat, kalau kalian mau mengejar akselerasi motor tapi mengurangi top speed kalian bisa memilih perbandingan yang angkanya lebih besar. sedangkan jika kalian mengejar top speed namun mengorbankan akselerasi pilih perbandingan yang nilainya lebih kecil.
gir motor ini bisa di kustom dan dibeli di bengkel atau toko aksesori motor terdekat. merek yang saat ini banyak penggunanya adalah SSS dan Sinnob. nah tinggal menyesuaikan budget kalian.

Tips ketiga ganti knalpot racing.
         Tips yang ketiga ini mimin kurang setuju tapi bisa meningkatkan performa motor. Di Indonesia, ada UU yang mengatur tentang penggunaan knalpot racing dan akan dikenakan denda tilang bagi penggunanya. Knalpot racing ini merupakan knalpot yang dibuat untuk memperlancar arus udara keluar dari mesin (free flow), jadi knalpot racing cenderung berisik. knalpot aftermarket tersedia di toko aksesori motor dengan berbagai jenis dan merek. knalpot dengan tabung dan leher panjang untuk mengejar top speed, sedangkan knalpot dengan tabung dan leher pendek digunakan untuk mengejar akselerasi. Nah setiap merek memiliki kualitas yang berbeda ya guys, tinggal menyesuaikan keinginanmu.

Tips keempat ganti filter racing/ open filter
         Filter adalah saringan udara yang akan masuk ke dalam mesin untuk proses pembakaran. Secara umum, apabila udara yang masuk banyak akan menghasilkan pembakaran yang lebih baik yang akan meningkatkan performa motor, namun perlu diimbangi dengan men- setting asupan bahan bakar karburator atau injeksi yang banyak pula. perpaduan udara dan bahan bakar bisa disesuaikan, jadi tinggal ke bengkel atau di setting secara manual. Salah satu filter yang bisa digunakan harian adalah filter bermerek Ferrox atau K&N. Nah kalau Open filter mimin kurang rekomen, karena debu dan partikel lain bahkan air bisa masuk secara langsung ke dalam mesin yang akan merusak mesin dalam jangka panjang.

Tips tambahan Ganti ECU/CDI dan Koil 

Untuk tips tambahan ini sudah pasti meningkatkan performa, tapi merogoh kocek yang cukup dalam. Ecu dan CDI adalah alat (berupa komputer) yang mengatur RPM, suplai bahan bakar, timing pengapian dll. nah alat ini bisa meningkatkan performa motor, dan sebagia bisa di setting sesuai keperluan, untuk harian atau balapan. rekomendasi dari mimin sih bisa pakai merek BRT, Rextor atau Daytona. Berikutnya adalah Koil, perangkat untuk memperbesar arus listrik yang akan memantik busi. Nah kalau dah pakai busi iridium bisa dipadukan dengan penggantian koil ini.


Nah diatas adalah beberapa tips yang bisa mimin share ke kalian, semoga bisa menambah wawasan dan bermanfaat. jangan lupa untuk komentar dan lihat post berikutnya.

Liat juga "Tips Sebelum Melakukan Perjalanan Jauh"


Penulis  : Adi B

Komentar

ErvanNS mengatakan…
Pertamax, amankan
Dudadidu mengatakan…
Kedua................
BBM juga ngaruh min, paling ngg pakai Pertamax 92