Review ban Zeneos ZN62

Hello Mowelers
Setelah bahas ban depan FDR Genzi Pro, kali ini Mowel mau bahas soal ban Zeneos seri ZN62.
Ban belakang motor Mowels yang gundul sangat membahayakan karena akan sangat licin dan berpotensi bocor/pecah karena sudah terlalu tipis.

Nah karena Mowel dapat rezeki, Mowel mencari toko ban didaerah Yogyakarta.
sesampainya disana, Mowel disuguhkan berbagai merek dan jenis ban. karena untuk membeli michelin atau Brigestone dana Mowel tak cukup. Mowel kemudian melirik ke ban lokal dan milih ban buatan Gajah Tunggal yaitu Zeneos.

Zeneos sendiri merupakan ban lokal yang tak kalah bagus dengan merek dikelasnya seperti Aspira dan IRC. Karena ada ban zeneos yang jadi sempel di toko, Mowel tertarik untuk mencoba Zeneos ZN62 dengan motif garis - garis vertikal.
Liat juga "Modifikasi ringan untuk meningkatkan performa motor"

Setelah 15 menit memasang, akhirnya Mowel menebus ban zeneos zn62 ukuran 150/60 - 17 dengan harga 400rban. Ban zeneos ini cukup menarik karena motifnya seperti ban yang dipakai untuk sirkuit balapan. Iseng dengan ban ukuran paling besar untuk velg ukuran 3.5 inch Mowel memutuskan untuk memboyong ban ukuran 150/60 ini (walau rekomendasi maksimal 140/70 dan standar 130/70). setelah pemasangan dan pembayaran mowel memutuskan untuk pulang, kesan pertama memakai ban ini motor terasa berat (karena ukuran yg dipaksakan dengan mesin standar). Setelah dipakai di kecepatan 40 - 70 km/jam motor menjadi stabil dan lincah karena ban besar yang cukup lebar cocok untuk ber-manuver.


Pendapat Mowel soal ban ini, Grip ban ini dalam kondisi kering sangat memuaskan karena lengket dengan aspal dan tidak selip, untuk kecepatan tinggi ban ini cukup aman ( diuji Mowel dikecepatan 100km/jam ++) namun berat dan terasa getarannya karena terlalu besar. motif garis vertikal yang menambah nilai visual yang bagus dan menarik. Namun untuk kondisi jalanan aspal basah Mowel sarankan untuk berhati-hati karena ban ini cukup licin apalagi mengerem mendadak dikecepatan lebih dari 60km/jam. Grip ban ini lemah pada kondisi basah yang terdapat sedikit pasir karena sangat licin.

So, Mowels recommended ban ini untuk menjadi pertimbangan juga. cocok untuk harian di aspal yang bebas pasir dan genangan air. semoga bermanfaat.

Keterangan :
Kelebihan Ban ini: Nyaman dipakai dijalan aspal halus, kecepatan tinggi mendukung, cengkraman kuat saat kering, stabil untuk bermanuver, cukup awet. 
Kelemahan Ban ini: Licin saat basah, tidak cocok dijalan tanah, jalan rusak/ bergelombang, rentan meleset saat terkena pasir di aspal, jaga jarak saat mengerem mendadak (beresiko meleset).

Liat juga "review ban FDR Genzi pro"

Penulis : Adi B

Komentar

Anonim mengatakan…
Ban untuk Honda new CBR 150 facelift bisa pakai ukuran 150/60 g bang?
Bayuananto mengatakan…
Yg jelas ban ini pake kompon lebih lunak. lebih mencengkeram aspal waktu pemakaian cuaca kering. Blm pernah coba waktu hujan. Grip lumayan bagus, tapi utk pengereman, pakai ban ini memang harus amhil ancang ancang dg jarak yg didepannya, jangan mendadak ngerem waktu dekat dg motor didepan. Agak sedikit selip, padahal kampas rem baru seminggu ganti.
Antonius Prayoga mengatakan…
Ditunggu review ban michelinnya .....^_^
Mukhlis mengatakan…
Review ban murah dong min, di tuggu post nya
Sudarmoko mengatakan…
Licin tapi mantab. Tetep battlax ma michelin nomor 1
Anonim mengatakan…
Iya nih gara gara gue ganti ban ini jadi gak bisa cornering
Unknown mengatakan…
Jadi mikir pasang ban Zeneos nya . Untuk mtor PCX ukuran 120/70/14 nya ,padahal bannya sudah di beli.