Lihat Dulu, Tips sebelum membeli smartphone

Selamat siang mowelers,

Mowels punya smartphone baru ini, dan ternyata smartphone ini seperti yang mowels harapkan. mowels mau memberi tips singkat ini tentang smartphone yang bisa jadi referensi buat mowelers. Smarthphone memang bermacam-macam dengan spesifikasi yang berbeda-beda pula. Nah bagi yang mau beli smartphone, dibawah ini ada beberapa pengertian sedikit untuk menjadi referensi kalian

Smartphone memang alat yang mungkin sudah menjadi bagian dari keseharian kita. Memang kalau smartphone tersebut cocok dan sesuai buat kita, tentu kita akan menikmati dan memanfaatkannya dengan baik.
1. Merek membawa kualitas, tentu saja pabrikan smartphone yang sudah berdiri sejak lama dan memegang merek dagang internasinal akan berpengaruh kepada kualitas smartphone yang ia produksi. Dengan membawa Merek, pabrikan tersebut akan berusaha meningkatkan kualitas produknya dan menjaga agar para pelanggan benar-benar merasa puas dengan produk mereka. Berikut merek smartphone dengan pengguna internasional terbanyak menurut GSMArena: Samsung, Apple, Microsoft, Nokia, Sony, LG, HTC, Motorola, Huawei, Lenovo, Xiaomi.

2. Jenis Prosesor, prosesor Smartphone sekarang tidak kalah dengan PC atau Laptop, Jenis prosesor yang digunakan pun berbeda-beda menyesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Bagi yang mementingkan performa smartphone-nya, pilih prosesor dengan jumlah core yang lebih banyak dan jumlah clock yang lebih besar. Nama-nama prosesor: Qualcomm Snapdragon, Samsung Exynos, Nvidia Tegra, Intel, MediaTek.


3. Memori RAM dan Memori Internal. Yups RAM dan Internal sangat berperan penting dalam sebuah smartphone karena jalannya smartphone tergantung pada kinerja perangkat keras tersebut. Ukuran RAM dan Memori Internal diukur dalam Gigabyte (GB), RAM ideal untuk smartphone saat ini adalah 1 - 2 GB. untuk memori internal idealnya 8 - 16 GB. Semakin besar maka akan semakin maksimal kinerja smartphone-mu.

4. OS. Android, Windows Mobile, dan IOS adalah OS populer saat ini walau sebenarnya ada banyak OS yang pernah dikembangkan. Pilih jenis OS yang menurutmu benar-benar sesuai denganmu.




5. Kamera. Bagi sebagian orang, kamera smartphone adalah bagian yang penting dalam smartphone. Untuk kamera, resolusi kamera ideal saat ini 8 Megapixels untuk belakang dan 5 Megapixels untuk kamera depan atau selfie.
Banyak hal yang mempengaruhi kualitas gambar selain dari resolusi kamera tersebut, seperti jenis lensa, ukuran sensor, dan prosesor pengolah gambar. Fitur terbaru smartphone yang g kalah menarik adalah kamera ganda yang memberikan hasil jepretan lebih baik.

6. Koneksi. Di Indonesia sekarang ini perkembangan koneksinya sudah mencapai tingkat 4G dimana koneksi internet lebih cepat dari generasi sebelumnya. fitur konektifitas yang bermanfaat adalah 3G atau 4G jaringan, WiFi, Bluetooth, Infrared. NFC untuk pembayaran


7. Fitur Tambahan. Makin sekarang smartphone makin modern guys. Ada banyak fitur tambahan yang sangat bermanfaat sesuai kebutuhanmu, seperti fingerprint untuk keamanan ponselmu dimana kamu bisa mengunci dengan sidik jarimu. pendeteksi detak jantung, anti air dan debu, remote ac dan elektronik lainnya.


8. Garansi. Ya, garansi adalah kunci seberapa besar tanggung jawab pabrikan smartphone kepada produk yang telah ia jual ke pelanggan. Pilih smartphone yang menyediakan garansi resmi jika ada kerusakan produksi.

Diatas adalah beberapa hal yang bisa menjadi pertimbangan sebelum membeli smartphone, jangan sampai salah beli atau beli tapi tidak sesuai harapan kita.




Penulis: Adi B

Komentar