Tips Mempercepat Kinerja Smartphone yang Mulai Lelet

Olla guys, kali ini mimin mowels mau berbagi tips nih, bagaimana cara memperepat kinerja smartphone yang mulai lelet. Di zaman ini, smartphone menjadi alat yang berperan penting dalam berkomunikasi dan berbagi informasi. Perkembangan smartphone yang makin modern dan canggih, membuat smartphone semakin cepat dan bermanfaat. Namun, di era yang maju ini, smartphone juga punya problem sendiri yaitu mulai lelet atau tidak maksimal.

Oleh karena itu, mimin mau bagi tips ini buat mengatasi problem tersebut. Yups langsung saja cek...

1. Disable/ non aktifkan aplikasi yang tidak digunakan

Tips yang pertama ini membantu mengurangi aplikasi yang berjalan dilatar belakang dalam smartphone mu. Dalam sebuah smartphone terdapat banyak aplikasi bawaan pabrik atau yang di download sendiri oleh pengguna, apabila aplikasi tersebut jarang digunakan, alangkah baiknya jika aplikasi tersebut di disable/ dinonaktifkan agar tidak berjalan atau memakan memori internal maupun RAM.

2. Hapus cache atau data pada aplikasi yang jarang dipakai banyak memakan memori

Aplikasi yang terdapat di dalam smartphone bermacam-macam, ada yang berjalan dengan sendirinya (bawaan OS) dan ada yang berjalan saat digunakan saja. Nah disaat aplikasi tersebut digunakan, pasti aplikasi tersebut menghasilkan dan mengolah data agar dapat ditampilkan di aplikasi tersebut. dampaknya semakin sering aplikasi itu digunakan maka semakin banyak memori cache yang dihasilkan. Ketika smartphone mu memorinya penuh, tempat untuk menyimpan cache tersebut juga semakin menipis, jadinya system mulai error dan smartphone mulai lelet.

Ada dua pilihan dalam menghapus cache dan data, untuk menghapus cache akan mengurangi memori yang terpakai tanpa merubah isi aplikasi, untuk menghapus data saat kamu membuka aplikasi tersebut lagi akan kembali seperti pertama di download (login ulang atau memulai ulang).

Liat juga "Tips Merawat Smartphone Agar Tahan Lama"

3. Hapus Aplikasi yang tidak terpakai

Tips berikutnya, hapus aplikasi yang tidak terpakai. Seperti halnya tips nomor 2, aplikasi yang tidak dipakai pun akan menghasilkan cache dan data, terkadang malah berjalan dilatar belakang dan memakan RAM. Nah kalau sekiranya aplikasi tersebut tidak digunakan ataupun sangat jarang digunakan bisa dihapus untuk mengurangi penggunaan memori didalam smartphone.

4. Non aktifkan fitur animasi/transisi
Di dalam smartphone, ada efek animasi/ transisi yang menarik saat buka menu, membuka aplikasi yang juga memakan waktu dan mengurangi kecepatan smartphone mu, nah fitur ini bisa dinon aktifkan pada fitur "Developer Option" atau "Opsi pengembang" di smartphone mu. Fitur ini akan muncul apabila kamu menekan pada "Build Number"/ "Nomor bentukan" beberapa kali yang terdapat pada "Tentang Ponsel" atau "About".


Setelah muncul "developer option" atau opsi pengembang, cari tulisan skala efek transisi lalu pilih ke angka yang lebih kecil atau di Off kan.

5. Download apliaksi penghapus cache dan memory RAM

Tips ini cukup membantu dan lebih simple. Aplikasi pihak ketiga pembersih cache ini dapat membantu dalam menghapus penggunaan memori internal dan ram pada smartphone. rekomendasi aplikasi dari mimin mowels (bukan iklan ya) pakai Clean Master dan CCleaner. buka aplikasi tersebut dan ketuk pada tulisan bersihkan cache atau cleaning system memory yang akan otomatis menghapus cache memori internal pada aplikasi dan menghentikan aplikasi yang tidak digunakan untuk membersihkan ram.

6. Gunakan Factory Reset agar Smartphone mu kembali fresh
Tips ini membantu smartphone mu membersihkan ulang memori yang telah banyak terpakai dan mengembalikan smartphone mu dalam kondisi pabrikan. Sebelum melakukan Factory Reset hendaknya kamu untuk membackup data pribadimu seperti Kontak, Photo Video, Lagu, Catatan atau dokumen penting lainnya. Pastikan kamu ingat email dan passwordmu juga ya agar bisa mengunduh aplikasi di playstore atau membuka aplikasi yang memerlukan email.

Ada opsi tambahan dari mimin nih, tapi buat yang expert aja ya. Caranya root smartphone mu dan hapus aplikasi bawaan pabrik yang tidak terpakai. Kalau mau root simple dengan aplikasi bisa gunakan kingroot. Saat kamu buka aplikasi Kingroot dan berhasil me root di dalam aplikasi tersebut terdapat opsi uninstall aplikasi bawaan parbik yang tidak bisa dihapus tanpa root.

Nah diatas adalah beberapa tips yang bisa dicoba untuk meringankan kinerja smartphone. smartphone yang terlalu banyak memakai memori dan ramnya akan mempengaruhi kinerjanya. Namun untuk mengatasi problem lelet ini, saat ini produsen smartphone memproduksi banyak smartphone terbaru dengan prosesor quadcore ataupun octacore dengan RAM minimal 2 gb dan Memory Internal 16 gb yang menjadikan smartphone tersebut dapat menjalankan banyak aplikasi dan penyimpanan data.

Penulis  : Adi B

Komentar

Nisa Aulia mengatakan…
Mas. Kalau hp kadang ada tulisan force close sama restart sendiri gmn solusinya? Mohon bantuannya